Kanopi Spandek: Fungsi dan Keunggulannya untuk Hunian Nyaman

 Kanopi spandek adalah salah satu elemen utama dalam sebuah hunian. Memilih kanopi yang tepat dapat membuat hunian Anda terasa sangat nyaman.

 

Tidak ada tempat yang lebih nikmat dibandingkan dengan rumah. Rumah bukan hanya sekadar bangunan, tetapi tempat bagi setiap orang untuk pulang dan beristirahat dengan tenang serta nyaman. Namun, mendapatkan rumah idaman bukanlah perkara mudah. Untuk membeli rumah, Anda perlu biaya yang cukup besar. Belum lagi, Anda harus mempertimbangkan berbagai macam spesifikasinya.

Masing-masing rumah tentunya memiliki desain dan rancangan yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat rumah memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Memperhitungkan desain dan spesifikasi tentu akan dapat menambah kenyamanan rumah yang akan ditinggali.

Masing-masing komponen yang ada pada bangunan rumah sangatlah penting, terlebih jika dilihat dari segi kenyamanan. Salah satu contoh komponen tersebut adalah atap rumah. Fungsi utama atap adalah untuk melindungi isi rumah, mulai dari kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, hingga kita sebagai penghuni rumah.

Atap juga berfungsi untuk menghangatkan isi dalam rumah ketika udara panas.  Sebaliknya, ketika udara dingin, atap bisa jadi “pemanas alami” untuk rumah. Nah, ada bermacam-macam jenis dan model atap; salah satunya adalah kanopi spandek. Apa itu atap spandek dan apa saja keuntungannya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Kanopi Spandek?

Kanopi spandek adalah salah satu jenis kanopi rumah yang dibuat menggunakan bahan berupa campuran aluminium dan seng. Percampuran yang digunakan dalam pembuatan atap spandek ini sekitar 55% aluminium dan seng sebanyak 43%, lalu sisanya adalah silikon hingga campuran bahan mencapai 100%.

Campuran tersebut diolah dan digunakan sebagai bahan baku pembuat kanopi. Kanopi jenis ini dikenal lebih kuat, ringan, tahan lama, serta gampang dibentuk. Kanopi berbahan spandek dapat dengan mudah dikenali karena bentuknya yang kotak dan simetris. Bentuk ini diklaim cocok digunakan dalam perumahan atau industri. Pasalnya, bahan spandek memiliki daya tahan yang kuat dan model serta desainnya lebih modern.

Awalnya, kanopi berbahan spandek ini tidak terlalu populer. Namun, karena kebutuhan rumah minimalis makin meningkat dan harganya yang lebih ekonomis, kanopi jenis ini kemudian makin dilirik banyak orang. Bahan spandek memang bisa menjadi alternatif dibandingkan dengan bahan-bahan konvensional lainnya.

Manfaat Menggunakan Kanopi Spandek

Atap kanopi terbuat dari berbagai macam pilihan bahan, salah satunya adalah spandek. Masing-masing bahan material yang ada tentunya memiliki keunggulan sendiri. Jadi, Anda tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari kanopi itu sendiri? Berikut beberapa manfaat dari penggunaan kanopi.

  • Perlindungan Cuaca

Manfaat paling mendasar dari kanopi adalah melindungi rumah atau bangunan dari cuaca, baik cuaca panas, cuaca dingin, hujan lebat, dan angin kencang. Penggunaan kanopi di luar rumah bermanfaat untuk melindungi bagian dalam rumah dari air hujan. Bila dipasang pada carport, kanopi tentunya bermanfaat untuk melindungi mobil dari gangguan cuaca.

  • Menambah Kesan Estetika

Beberapa orang memilih memasang kanopi dengan tujuan untuk mempercantik tampilan rumah. Saat ini, kanopi juga sudah tersedia dengan pilihan desain dekoratif yang menarik. Desain kanopi ini tentunya akan makin menambah keestetikan rumah hunian.

  • Penekanan Terhadap Bangunan

Sering terlewat, pada dasarnya manfaat kanopi yang juga penting adalah sebagai penekanan pada rumah atau bangunan. Penekanan ini terkait desain, alur, atau bagian-bagian lain dari sebuah rumah atau bangunan.

Pada bangunan tertentu, atap kanopi dijadikan sebagai jembatan atau pemisah antara bangunan satu dengan yang lainnya. Tidak heran jika kanopi yang digunakan memiliki desain dekoratif yang elok karena hal ini semata untuk menonjolkan penekanan desain.

  • Tambahan Fungsi

Kehadiran carport merupakan solusi bagi rumah-rumah minimalis yang tidak memiliki garasi, tetapi masih ada cukup ruang untuk memarkir mobil. Biasanya, carport akan ditambahkan atap kanopi untuk melindungi mobil dari terpaan sinar matahari secara langsung dan air hujan. Selain dimanfaatkan sebagai atap carport, atap kanopi juga bisa dijadikan untuk melindungi bagian halaman yang kosong untuk difungsikan sebagai tempat berkumpul atau sarana bermain anak-anak.

  • Menambah Sejuk Rumah

Pemasangan atap kanopi spandek juga dapat menambah kesejukan di dalam rumah. Kanopi akan membantu menyerap cahaya matahari sehingga membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih sejuk. Belum lagi, kanopi dapat menghemat penggunaan listrik karena Anda tidak perlu menyalakan kipas atau pendingin ruangan pada siang hari.

Kelebihan Penggunaan Kanopi Spandek

Kanopi spandek memiliki beberapa keunggulannya sendiri. Salah satu yang mencolok adalah jenis bahannya tergolong lebih kuat dan tahan lama bila dibandingkan dengan kanopi jenis lain. Bahan spandek bahkan bisa tahan hingga 30 tahunan. Selain itu, kelebihan-kelebihan lainnya adalah :

  • Gampang Dipasang

Bagi orang yang kurang berpengalaman, memasang kanopi tentunya memiliki kesulitan tersendiri. Namun, kanopi berbahan spandek ini memiliki keunggulan, salah satunya adalah mudah pada saat dipasang. Struktur rangkanya yang tidak rumit sangat membantu dalam proses pengaplikasian kanopi.

Bahan spandek juga aman dari terjangan angin kencang. Alasannya, kanopi dari spandek memiliki bentuk streamline. Dibandingkan dengan bahan kanopi lainnya, bahan dari spandek mampu menurunkan risiko kanopi ambruk.

Walaupun mudah, sebaiknya tetap serahkan kepada ahlinya agar kanopi dapat terpasang secara sempurna.

  • Antipecah

Bahan spandek memiliki rata-rata ketebalan rata-rata 0,3 hingga 0,5 mm. Cukup tipis memang, tetapi tidak membuatnya mudah pecah atau hancur. Karena terbuat dari material berkualitas, kanopi berbahan spandek tetap tergolong kuat dan bandel. Selain antipecah, tentu saja kanopi jenis ini bebas dari gangguan rayap atau serangga lainnya.

  • Tersedia Beragam Pilihan Warna

Kanopi spandek memiliki permukaan yang mudah untuk dicat sehingga tampil dengan berbagai pilihan warna menarik. Selain warna-warna yang tersedia, Anda dapat berkreasi dengan mengecat sendiri kanopi sesuai warna yang dikehendaki. 

  • Dapat Memantulkan Panas Matahari

Selain mudah untuk dicat, kanopi berbahan spandek dapat memantulkan panas sinar matahari. Tentunya hal ini akan menjadikan ruangan di bawahnya tidak terasa panas. Justru sebaliknya, ruangan bakal terasa sejuk. Tidak hanya memantulkan panas saja, kanopi dari spandek juga tahan api yang membuatnya tidak mudah terbakar.

  • Memiliki Umur Pemakaian yang Panjang

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahan kanopi dari spandek termasuk memiliki usia pemakaian yang cukup panjang sehingga banyak orang yang merekomendasikannya.

Bahan dasar berupa seng dan aluminium membuat kanopi jenis ini terhindar dari serangan rayap atau hama lainnya. Jaminan usia kanopi ini adalah hingga 20 tahun.

Jenis-Jenis Kanopi Spandek

Bentuknya yang sederhana dan warnanya yang cukup mencolok membuat kanopi spandek makin digemari. Terutama untuk rumah-rumah minimalis, memiliki kanopi dengan bahan spandek sepertinya merupakan keharusan.

Kanopi dengan bahan ini memiliki beberapa jenis, di antaranya:

  • Spandek Zincalume

Jenis kanopi dengan spandek pertama adalah zincalume. Kanopi jenis ini lazim ditemukan pada bangunan-bangunan komersial. Kanopi zincalume menjadi pilihan karena memiliki sifat sederhana dan simpel. Kanopi jenis ini menggunakan bahan berupa campuran aluminium sebanyak 55%, seng 43%, dan sisanya 2% silikon.

  • Spandek Pasir

Penggunaan kanopi berbahan spandek pasir ini terdapat pada perumahan-perumahan yang mengedepankan konsep minimalis. Untuk pembuatan atap, spandek pasir dipadukan dengan struktur baja ringan. Bahan jenis ini memiliki berat yang cukup ringan. Karena terdapat campuran pasir, kanopi spandek pasir memiliki daya redam yang lebih baik.

  • Spandek Lengkung

Sesuai namanya, kanopi jenis ini khusus diaplikasikan pada bidang permukaan yang lengkung. Lengkungan kanopi bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Bahannya yang elastis membuat Anda tidak perlu khawatir jika kanopi patah atau rusak pada saat pemasangan.

  • Spandek Laminasi

Bahan utama dari kanopi ini adalah aluminium yang kemudian dilapisi lagi dengan bahan foil. Kanopi jenis spandek laminasi memiliki keunggulan lebih kuat terhadap benturan. Belum lagi, usia pemakaian kanopi ini lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis kanopi spandek lainnya.

  • Spandek Kliplok

Jenis spandek kliplok juga banyak dipilih sebagai material pembuatan kanopi karena telah memiliki fitur pengunci dan pengikat yang telah terpasang pada bagian atapnya. Teknologi pengunci dan pengikat ini menjadikan kanopi gampang dipasang dan lebih tahan terhadap ancaman kebocoran.

  • Spandek Transparan

Bentuknya yang transparan membuat kanopi satu ini memiliki harga yang lebih ekonomis. Materialnya terdiri dari plastik atau kaca, cocok bila dipasang carport rumah karena tidak terlalu mencolok. Beratnya juga terbilang ringan sehingga akan lebih mudah pada saat proses pemasangan.

  • Spandek Warna

Kebalikan dari kanopi transparan, kanopi spandek warna adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang menghendaki rumah dengan desain colorful. Bahan pembuatnya sama dengan kanopi zincalume, tetapi berbeda pada bahan pelapisnya saja. Kanopi ini sudah tersedia dengan puluhan warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

 

Tips Memilih Kanopi Spandek

Dalam melakukan pemasangan kanopi, baik itu spandek atau dari bahan lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan agar kanopi dapat terpasang sempurna dan awet digunakan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kanopi merupakan salah satu bagian penting yang ada pada rumah. Selain memiliki fungsi khusus, kanopi juga harus memiliki nilai estetik untuk menambah kesan keindahan pada rumah. Oleh karena itu, memilih kanopi tidak boleh sembarangan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut, seperti:

  • Memilih Bahan Minimalis

Banyak jenis bahan kanopi yang sudah ada di pasaran, salah satunya adalah kanopi spandek minimalis. Spandek dikenal memiliki kualitas yang baik untuk dijadikan kanopi. Pasalnya, bahan spandek telah teruji kuat dan memiliki usia penggunaan yang lama hingga 20 tahun. Selain itu, spandek juga tidak mudah berkarat dan tahan api.

Bahan minimalis ini dapat membantu memudahkan dalam proses pemasangan. Kesannya yang sederhana juga membuat kanopi menjadi tidak terlalu mencolok saat dipasang. Selain itu, harganya lebih ekonomis.

  • Pertimbangkan Masalah Harga

Harga murah dan ekonomis memang menjadi salah satu pertimbangan utama. Namun, jangan sampai terkecoh dengan harga yang sangat murah. Selalu ingat, harga biasanya mencerminkan kualitas.

Beberapa bahan kanopi memang ditawarkan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan spandek. Pembeliannya memang murah, tetapi perawatannya nantinya bisa jadi akan lebih sering. Usia pemakaiannya juga tidak akan selama kanopi berbahan spandek.

  • Sesuaikan dengan Bentuk Rumah

Memilih kanopi spandek tidak boleh asal. Pasalnya, kanopi berbahan spandek tidak selalu cocok dengan semua jenis rumah. Contohnya, rumah dengan desain klasik tidak akan cocok jika dipadukan dengan penambahan kanopi berbahan spandek. Rumah klasik lebih cocok jika menggunakan genteng konvensional.

Kanopi berbahan spandek ini lebih cocok digunakan pada rumah-rumah berdesain minimalis. Jika ingin memadukan dengan atap jenis lain, pastikan tetap sesuaikan dengan kebutuhan. Hindari penggunaan atap transparan karena tidak akan cocok berdampingan dengan kanopi berbahan spandek. Pemasangan kanopi spandek sebaiknya ditambahkan insulasi untuk mengurangi suara bising.

  • Pilih Sesuai Lingkungan Tempat Tinggal

Selain memiliki kualitas juara serta tahan lama, pemilihan kanopi sebaiknya disesuaikan dengan tempat tinggal. Hal ini nantinya berpengaruh dengan kenyamanan selama di rumah. Misalnya saja, untuk daerah yang berangin, hindari memilih bahan kanopi yang ringan dan mudah pecah.



Memilih Kontraktor Kanopi Berpengalaman

Anda juga harus memperhatikan pemilihan kontraktor untuk pemasangan kanopi. Jangan sekali-kali tergiur dengan tawaran harga miring karena belum tentu kontraktor tersebut memberikan pekerjaan sesuai standar dan kualitas yang ada. Kebanyakan kontraktor dengan harga di bawah standar selalu meninggalkan pekerjaan yang tidak memuaskan.

Pilih kontraktor yang memang sudah tepercaya. Harga lebih tinggi, selama masih wajar, tentunya tidak menjadi soal. Beberapa pertimbangan lainnya adalah:

  • Memiliki Jam Terbang Tinggi

Selalu pilih kontraktor yang sudah berpengalaman, terutama untuk menangani pemasangan atau perbaikan kanopi spandek. Selain itu, kontraktor wajib dapat menangani segala jenis model atap dan mengantongi sertifikasi dari berbagai produsen.

  • Mengetahui Detail Konstruksi Atap

Masih ada kontraktor yang belum terlalu menguasai detail tentang konstruksi atap. Sebaiknya, memang pilih kontraktor yang benar-benar paham secara detail tentang konstruksi atap agar kanopi yang terpasang tepat, tanpa ada kesalahan dalam pemasangannya.

  • Meminta Portofolio

Tidak ada salahnya meminta portofolio pada kontraktor yang akan disewa. Biasanya, kontraktor profesional telah memiliki website-nya sendiri dan portofolio bisa diakses dengan mudah lewat website tersebut. Namun, jika tidak ada website, tanyakan secara langsung proyek-proyek yang sudah pernah dikerjakan oleh kontraktor tersebut.

  • Cek Testimoni

Di zaman yang serba canggih ini, sangat mudah untuk mencari testimoni pelanggan terhadap produk atau jasa tertentu. Anda bisa memeriksa testimoni dengan menggunakan mesin pencarian. Para pelanggan biasanya melakukan ulasan pada Google untuk produk atau jasa yang mereka gunakan, tidak terkecuali kontraktor kanopi spandek

  • Tanyakan Garansi

Kontraktor profesional tentunya akan memberikan jaminan terhadap atap kanopi yang dipasang. Jaminan ini bisa berupa perawatan berkala, perbaikan karena kerusakan akibat kelalaian pemasangan, rekomendasi untuk kebutuhan atap spesifik, dan lain-lainnya.

 

Bumi Tohaga, Kontraktor Kanopi Spandek Berpengalaman

  1. Bumi Tohaga merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang konstruksi dan bengkel las. Jasa ini memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dengan banyak pelanggan yang berasal dari perusahaan-perusahaan besar. Selain itu, memiliki tenaga-tenaga pekerja yang profesional dengan teknik pengerjaannya yang memuaskan membuat Bumi Tohaga dipercaya oleh banyak kalangan.

 

Bumi Tohaga telah berpengalaman dalam menangani pemasangan kanopi spandek, baik untuk perumahan maupun perkantoran. Waktu pengerjaan pemasangan kanopi yang dibutuhkan maksimal hanya 2 hari saja. Bahan baku yang ditawarkan tentunya berkualitas dengan harga yang cukup bersaing. Pemilihan bahan kanopi yang berkualitas pastinya menjadi jaminan untuk usia penggunaan yang awet dan tahan lama.

 

Segera hubungi CV. Bumi Tohaga untuk mengetahui lebih detail tentang seluk beluk tentang pemasangan serta harga kanopi spandek.

Leave a Comment

× Ada yang bisa kami bantu?